Kembangkan Kemampuan Berbahasa Bayi Anda

Siapa yang tidak tersenyum saat mendengarkan bayi mengoceh. Walaupun tidak mengerti apa yang diucapkannya tetapi ocehannya ini pasti akan mengundang perhatian setiap orang yang mendengarnya. Bayi yang baru lahir memang akan mendengarkan suara dan kata-kata yang diucapkan orang-orang di sekitarnya lalu menirunya, untuk itu berhati-hatilah saat berbicara jika bayi sedang berada di sekitar Anda.

Anda dapat membantu bayi dalam mengembangkan kehalian bahasanya dengan cara berbicara langsung padanya dan menggunakan kata-kata serta frase yang dimengerti oleh sang bayi. Dan berikut ini tips untuk mengembangkan keahlian bahasa bayi Anda.

  • Menyanyikan lagu anak-anak. Anda dapat saja menyanyikan lagu-lagu orang dewasa yang Anda sukai. Tetapi akan lebih baik jika Anda menyanyikan lagu anak-anak pada bayi Anda. Lagu anak-anak memang abadi sepanjang masa, hal ini dikarenakan lagu ini memiliki konsep serta kata-kata yang sederhana, dan tentunya baik untuk anak.
  • Menggunakan kata-kata yang sungguhan, dalam artian bukan kata-kata bayi. Berbicara dengan bayi Anda menggunakan bahasa bayi yang tidak jelas hanya akan mendorong sang bayi menggunakan bahasanya walaupun mereka sebenarnya mampu berbicara dengan jelas. Untuk itu gunakanlah kata-kata sungguhan saat berbicara dengan bayi Anda, termasuk menggunakan kata-kata yang tepat untuk menamakan makanan, anggota tubuh, dan lainnya.
  • Membacakan buku pada bayi semenjak ia lahir akan membantunya mencintai buku sekaligus membantu perkembangan bahasanya. Saat membacakan buku pada bayi, tunjuklah benda atau gambar yang ada dalam buku itu seperti gambar balon yang berwarna merah, binatang, rumah dan lainnya.
  • Membuat kontak mata. Melihat mata bayi Anda saat berbicara dengannya akan membantunya untuk lebih berkonsentrasi mengenai apa yang Anda katakan.
  • Jadikan setiap kegiatan yang Anda lakukan bersamanya sebagai bagian belajar sang bayi. Misalnya, saat Anda berbelanja dan membawa serta sang bayi, jelaskan benda-benda apa saja yang terdapat dalam toko. Lalu mendiskusikan warna apel, dan menghitung telur. Keberagaman warna dan objek ini akan mengambil perhatian sang bayi. Hal ini juga berlaku saat Anda mengajaknya berjalan-jalan di taman dan tempat lainnya. Semua tempat dapat menjadi tempat belajar sang bayi.
  • Walaupun musik memiliki keuntungan tersendiri bagi bayi Anda, tetapi Anda harus mematikan suara radio, televisi dan mulailah bermain bersama bayi Anda. Dengan tidak adanya gangguan dari suara lain ini dapat membantu bayi lebih berkonsentrasi terhadap apa yang Anda katakan dan mereka juga mampu mendengarkan dengan benar cara pengucapan kata-kata tersebut.
  • Lagu dari band-band atau penyanyi-penyanyi pop memang lebih menarik dibandingkan lagu anak-anak. Tetapi lagu anak-anak tetap lebih baik bagi bayi Anda. Lagu anak-anak memiliki kata-kata yang lebih “sopan” dan “pantas” dibandingkan lagu orang dewasa yang banyak diputar di televisi dan radio. Dengan mendengarkan lagu anak-anak tentunya akan membantu sang bayi belajar menggunakan kata-kata yang “pantas” saat ia besar nanti.
  • Bayi senang menunjuk benda yang menarik perhatian mereka. Jika sebenarnya bayi telah mampu mengucapkan nama-nama benda tetapi tidak mengucapkannya dengan baik dan lebih senang menamakan benda itu semau mereka, maka jangan Anda berikan benda yang ia maksud sampai ia mengucapkan nama benda itu dengan benar. Jika bayi Anda terlalu muda dan belum mampu mengucapkan kata-kata, Anda dapat memberikan benda yang ia maksud sambil mengucapkan nama benda yang dimaksud.

http:http://www.melindahospital.com/melindahospital/modul/user/artikel.php

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s