Makanan Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting menunjang kesehatan. Manfaat tidur bagi kesehatan tubuh sama pentingnya dengan berolahraga dan makan makanan yang bergizi. Manusia berolahraga dan makan makanan bergizi untuk menjaga agar kekebalan tubuhnya meningkat. Tetapi jika tidak tidur, semua usaha yang sudah dikerjakan menjadi percuma. Saat tidur adalah saat tubuh menghasilkan sel pembunuh kuman yang alami. Daya tahan tubuh akan bekerja dengan baik dan meningkat bila kita cukup tidur. Rata-rata waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa sekitar 8 jam per hari.

Tidak memiliki waktu tidur yang cukup dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Berbagai penelitian menunjukkan bila tidur yang terlalu sedikit dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, stroke, kencing manis, obesitas dan depresi. Selain itu, tidur yang cukup dapat menyeimbangkan aktivitas otak. Berbagai bentuk dari stres, termasuk kurangnya waktu tidur mengakibatkan habisnya bahan kimia otak sehingga menyebabkan munculnya gangguan-gangguan secara emosional seperti depresi, kecemasan, kemarahan atau kesedihan. Fakta yang berlaku secara umum, apabila seseorang tidak memiliki waktu tidur yang cukup maka konsentrasinya dapat terganggu.

Tidur yang cukup dan berkualitas tentu tidak lepas dari seberapa nyenyak orang ketika tidur. Jika Anda termasuk orang yang sulit tidur, menurut David L. Katz, MD, Director of The Yale-Griffin Prevention Research Center terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak antara lain makanan yang mengandung karbohidrat seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, tanaman padi-padian. Makanan-makanan tersebut membantu produksi insulin dalam darah yang membantu asam amino triptofan untuk masuk ke dalam otak. Triptofan ini pun yang memproduksi serotonin yang menambah rasa kantuk dengan tetap membangun mood Anda. Triptofan juga terdapat pada susu. Itulah mengapa minum segelas susu hangat sesaat sebelum Anda tidur akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Sebaliknya, ada beberapa makanan dan minuman yang justru dapat mengganggu kenyamanan Anda saat tidur. Sebaiknya, Anda jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein sekitar 4 jam sebelum tidur. Begitu pula dengan minuman beralkohol sebaiknya dihindari. Minuman tersebut memang akan membuat mata terasa berat tapi juga meningkatkan suhu tubuh yang membuat tubuh Anda terasa panas dan tidak enak tidur.

Perlu diperhatikan bahwa orang yang kelebihan berat badan mempunyai kemungkinan lebih besar terganggu tidurnya karena lebih beresiko untuk mendengkur. Mereka yang banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu manis juga ternyata bisa mengganggu tidur. Naik turunnya kadar gula dalam darah akan mengganggu hormon yang menjaga metabolisme tubuh, sehingga mengakibatkan ritme alami tubuh naik turun dan menyebabkan tiba-tiba terbangun saat tidur malam.

 

http:http://www.melindahospital.com/melindahospital/modul/user/artikel.php

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s