Manfaat Makanan Bergizi Untuk Suasana Hati Anda

Makanan merupakan hal terpenting dalam hidup kita. Dengan makanan, kita akan mendapatkan asupan gizi yang seimbang antara vitamin dan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Tahukah Anda ? Makanan yang Anda konsumsi setiap harinya ternyata dapat mengatasi perasaan hati Anda. Berbagai perasaan tentunya sering Anda alami setiap harinya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan gizi penting bagi tubuh, serta makanan yang dapat merubah suasana hati Anda :

    Makanan saat Anda sedang bersedih

Anda mungkin terbiasa mengkonsumsi makanan manis untuk mengatasi perasaan sedih Anda. Tetapi tahukah Anda, sebenarnya makanan yang baik dikonsumsi saat dalam suasana sedih ialah makanan yang mengandung rendah lemak, rendah protein, dan snack yang tinggi karbohidratnya. Lalu mengapa Anda harus mengkonsumsi jenis makanan tersebut ? Saat makanan yang mengandung karbohidrat tinggi tidak dapat bergerak karena protein atau lemak, amino acid tryptophan dapat mengalir menuju darah dan berubah menjadi serotonin, stimulasi elektrik yang menghubungkan otot dengan organ dan dapat meningkatkan mood dan membatasi pemasukan makanan. Berikut ini beberapa makanan saat suasana hati Anda sedang sedih :

  • Popcorn
  • Oatmeal dengan sedikit susu dan madu
  • Roti dengan potongan pisang
    • Makanan saat Anda sedang merasa depresi

    Depresi dapat diatasi dengan mengkonsumsi omega-3. Jenis makanan yang mengandung omega-3 di antaranya ikan berlemak seperti salmon, ikan baring dan tuna. Jika Anda khawatir mengenai merkuri yang mungkin terkandung dalam ikan, cobalah untuk mengkonsumsi dengan ikan yang kaya akan omega-3 seperti salmon Pasifik, udang, ikan gepeng, ikan lele, haddock (semacam ikan di Atlantik Utara), dan kepiting Atlantik Tengah. Berikut ini beberapa makanan saat Anda sedang mengalami depresi :

  • Resep omega-3 dengan tuna
  • Salmon panggang dan resep lainnya yang kaya akan lemak tidak jenuh
    • Makanan saat Anda sedang merasa bosan dan gugup

    Kondisi ini merupakan waktu yang tepat untuk meminum secangkir kopi. Setengah jam setelah Anda meminum segelas kopi, rasa gugup yang menghantui Anda akan menghilang, membuat Anda lebih fokus dan berkonsentrasi. Namun jangan terlalu sering meminum kopi, batasi dengan meminum maksimal tiga gelas kopi (5 ons) setiap harinya.

      Makanan saat Anda sedang marah

    Tidak dapat disangkal, saat Anda lelah mungkin Anda akan lebih mudah marah. Hindari makan malam berat dan pastikan tidak lebih dari 500 kalori. Anda dapat menambahkan makanan yang mengandung mineral karena dapat membantu Anda beristirahat lebih nyenyak. Jenis makanan yang kaya akan kandungan tembaganya yaitu ayam, pisang dan alpukat. Resep makanan yang kaya akan tembaga untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak antara lain :

  • Dada ayam
  • Puding pisang, roti pisang
  • Semua resep makanan yang mengandung alpukat
    • Makanan untuk mengatasi rasa lelah Anda
    Jika Anda sering merasa lelah mungkin itu gejala kekurangan zat besi atau anemia. Untuk mengetahui lebih jelas mengapa Anda sering merasa lelah, ada baiknya Anda menghubungi dokter. Dan cobalah untuk mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, gandum, sayur-sayuran, udang, daging sapi yang tidak berlemak, daging ayam tanpa kulit, kalkun atau ikan.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s