gosip lagi……….

Gosip

Seorang wanita meneruskan sedikit gosip yang ia dengar tentang tetangganya, maka hanya dalam waktu beberapa hari orang-orang seluruh ampung telah mengetahui cerita itu. Orang yang digosipkan tersinggung dan sakit hati. Di kemudian hari, wanita penyebar gosip itu menyadari bahwa berita yang ia kabarkan ternyata tak benar sama sekali. Ia menyesal dan ingin memperbaiki kesalahannya. Wanita itu pergi ke orang bijak dan meminta naehat apa yang bisa ia lakukan untuk memperbaiki apa yang telah terjadi

”pergilah ke pasar” kata si orang bijak,”belilah seekor ayam lau minta gar disembelih sekalian. Dalam perjalanan pulang, cabutlah bulu yam tersebut dan jatuhkan satu demi satu di jalan yang kau lewati ”

Meskipun heran dengan saran tersebut, wanita itu melakukan apa yang diperintahkan kepadanya.

Esoknya orang bijak itu kembali berkata ”sekarang pergilah dan kumpulkan semua bulu ayam yang telah kau jatuhkan kemarin dan bawalah kepadaku ”

Si wanita sgera menyusuri jalan yang ia tempuh kemarin dan terkejut mengethui bhawa angintyelah menerbangkan bulu2 tersebut. Ia datang hanya dengan 3 bulu ayam saja di tangannya

” kau mengerti….” kata orang bijak ”adalah mudah untuk menjatuhkan bulu2 itu, tapi sangat sulit untuk menumpulkannya kembali, begitu juga dengan gosip, kau hanya butuh sedikit waktu untuk mnyebarkannya, tapi sekali kau lakukan, sangat mustahil kau dapat benar-benar mengoreksinya”

Hati-hati dengan gosip atau ghibah…………………..

Atau yang satu ini mungin menghindarkanmu dari sesuatu yang bernama gosip, kita dengar cerita tentag Socrates, seorang filsuf besar yang dianggap memilki kedudukan terhormat dalam ilmu pengetahuan.

Suatu hari ia bertemu dengan seseorang yang berkata ”tahukah kau berita yang kudengar tentang sahabatmu ??”

”tunggu sebentar ” kata socrates, ”sebelum kau bercerita aku ingin kau menjalani tes ringan, tes ini namanya tes saringan rangkap tiga”

”tes apa itu ?” kata temannya

”mudah saja, sebelum kau bercerita tentang temanku, sebaiknya kita saring dulu beritanya, oleh karena itu ku sebut tes ini tes saringan rangkap tig. Tes pertama adalah penyaringan KEBENRAN, apakah kau mutlak yakin bahwa berita yang kau bawa ini benar ?”

”tidak” jawab orang itu, ”sebenarnya aku hanya mendengar berita itu dari orang lain dan…”

”baiklah” kata Socrates, ”jadi kau juga tidak yakin bahwa berita itu benar?, tapi mari kita lanjutkan ke tes yang kedua yang disebut penyaringan KEBAIKAN. Apakah yang hendak kau sampaikan adalah sesuatu yang baik tentang sahabatku ?”

”Tidak justru kebalikannya…….”

”jadi…” lanjut Socrates, ”kau hendak menceritaan padau sesuatu yang buruk mengenai sahabatku padahal kau juga masih belum yakin pada kebenaran beritanya ?. meskipun demikian, kau mungkin masih bisa lulus tes yang ketiga, yaitu tes penyaringan MANFAAT, apakah yang hendak kau ceritakan ini bermanfaat untukku?”

”Tidak…..mungkin tidak benar-benar bermanfat”

”Nah….apakah kau tetap ingin menceritakan sesuatu yang kau tahu bahwa itu tidak benar, tidak baik dan tidak bermanfaat bagiku ???”

Maka orang itupun tidak jadi menceritakannya.

So……jauhilag yang namanya gosip saudara2…karena sangat…sangat…dan sangat tidak bermanfaat

****

Semua wajah di dunia ini adalah cermin diri kita, apakah setiap wajah yang kau temui telah menyenangkan hatimu atau sebaliknya ????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s