PRIORITAS HIDUPMU

Seorang guru besar filsafat berdiri di muka kelas, ia mengambil sebuah timba lalu mengisinya dengan beberapa buah batu berukuran agak besar. Setelah penuh ia bertanya pada murid-muridnya “Apakah tempat ini sudah penuh ?”

Murid-muridnya menjawab “Ya”

Kemudian guru itu mengambil sekaleng batu kerikil lalu memasukannya ke dalam timba, ia lalu menggoyang-goyangkan timba itu pelan, hingga kerikil2 tsb menggelinding masuk dan mengisi ruang kosong diantara batu-batu itu. Ia lalu bertanya lagi ”apakah tempat ini sudah penuh ?”

Murid-muridnya menjawab “Ya”

Guru tersebut kembali mengisi timba dengan sekaleng pasir yang segera  mengisi ruang-ruang kosong diantara batu dan kerikil. Lalu berkata ” Nah aku ingin kalian memahami bahwa demikianlah hidup kita. Batu itu merupakan sesuatu yang penting dalam hidup kita seperti keyakinan, keluarga, kesehatan, pasangan hidup dan anak-anak kita, yang bila kalian tidak dapat mengurusnya dengan baik, maka kalian mungkin akan sengsara. Kerikil adalah hal lain yang kedudukannya lebih rendah tapi berpengaruh terhadap kehidupan kita seperti pekerjaan, rumah, mobil, jabatan sedangkan pasir adalah apa-apa yang kurang begitu penting. Apabila kalian mengisinya dengan pasir terlebih dahulu, maka mungkin batu dan kerikil tidak akan mendapat tempat, demikian juga apabila kita melakukan sesuatu yang sia-sia maka kalian tidak akan pernah berhasil melakukan pekerjaan yang penting bagi kehidupan kalian.

Utamakan yang penting dulu, maka hal-hal yang kurang penting lainnya akan mengikuti keberhasilannya, tetapkan prioritas !!!!

*****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s