Wanita yang beruntung

Klinik……

Suasana pagi itu sangat sibuk, jam menunjukkan puku 08.30 ketika seorang lelaki tua berumur 80-an masuk dan meminta agar jahitan di ibu jarinya di lepas. Ia berkata bahwa ia terburu-buru karena ada janji pukul 09.00

Segera kuperiksa keadaan lukanya, ternyata lukanya telah sembuh dengan baik. Aku lalu menyiapkan perlatan dan barang-barang yang kuperlukan untuk melepas jahitan dan merawat lukanya.

Sambil merwat luka , aku terlibat dalam pembicaraan mengenai apa yang akan dia lakukan hingga terburu-buru. Aku bertanya apakah ia mempunyai janji dengan seseorang yang penting, ia menjawab benar, ia harus pergi ke rumah perawatan (nursing home) untuk sarapan dengan istrinya. Aku lalu bertanya tentang ikeadaan istrinya, ia berkata bahwa istrinya telah menderita alzheimer (salah satu penyakit degeneratif yang mengakibatkn gejala disorientasi)

Sambil mengobrol, kuselesaikan balutan di ibu jarinya. Aku bertanya apakah istrinya akan merasa khawatir bahwa hari ini ia akan terlambat. Ia menjawab tidak karena kondisi istrinya yang  sudah lima tahun ini tidak lagi mengenalinya.

Aku terkejut dan bertanya :” apakah kau pergi kesana tiap hari meskipun istrimu sudah tidak mengenalimu ?”

Ia tersenyum lalu berkata ” benar ia tidak mengenaliku, tapi aku kan mengenalinya !”

Aku harus menahan tangis haruku ketika ia kemudian pergi……

Sungguh istrinya adalah wanita yang sangat beruntung. Cinta sejati tidak bersifat jasmani dan tidak pula hanya bersifat romantis. Cinta sejati adalah kesediaan mnerima apa adanya, dan kerelaan untuk menerima apa yang telah, yang akan, dan tidak akan terjadi…..

Hubungan yang sukses membutuhkan seseorang untuk jatuh cinta berkali-kali pada orang yang sama…………………….

(author unknown)

Leave a Reply

