“Omongan Yang Berbobot”

Gag bisa tidur coz still kebayang isi seminar hari nehh…

Seminar ato Workshop, ato MGMP ato apalah namanya…

intinya disini, Acara PAguyuban buat semua guru-guru RSBI.. Yah buat sharing gitu sihh…

tempatnya sangat memuaskan dengan pelayanan yang Luar biasa, Yang Terpenting GRATIS.. tuch kalimat yang cocok buat ku saat ini (semoga ada perubahan, Amin..)

Acara ini diselenggarakan di Hotel Griyadi Sahid, MALANG tanggal 14 – 17 Januari 2010

Adapun acara yang pertama tentu saja Acara Pembukaan.. Untuk membuat acara ini semakin greget pembicara yang diundang ga tanggung-tanggung ada 2 orang..

  1. Ibu RETNO, adalah Kepala Sekolah SMAN 3 Malang. Coment: ibu yang satu neh, merupakan salah satu guru yang terus berkembang. Terbukti dengan usia dan tuntutan pekerjaan yang seabrek beliau ga pernah berhenti untuk melakukan penelitian demi perbaikan yang nantinya berbuah manis untuknya. Saat neh, beliau merupakan ikon guru teladan berskala Nasional. (Yang neh, Semangadhnya boleeh ditiru kawan????)
  2. Dra. Zubaidah, jabatan: Kepala Bidang Tenaga Fungsional Dinas Kota Malang. Ibu yang satu ini melihat sikon rapat mungkin ga habis pikir dengan tingkah dan ulah guru dalam ruangan!! BAyangkan kawan, kita semua sibuk masing-masing tanpa menghiraukannya.. Akhirnya, semua pidato yang disiapkan BUYAR !! GATOT alias Gagal Total… Hebatnya wanita yang satu ini dapat ngebuat audience semua pada diam.. Penasaran ga dengan Ucapannya????

(actually sehe was angry but she can control her emotion by control her voices in front of the audience… xixixi.. and i believe its very difficult to do??!!)

Beliau menyampaikan bahwa, ” Guru adalah Penyandang Amanah dari Pemerintah dan Orang tua yang telah mempercayakan anak-anak mereka untuk kemudian menjadi sebaik-baiknya generasi penerus bangsa.

Melihat keadaan yang tidak terlalu banyak perubahan kemudian beliau menyampaikan 8 ciri-ciri Guru Profesional di antaranya, menguasaikurikulum, menerapkan beragam metode mengajar dan ilmu pedagogik, dan yang paling agak aneh adalah ciri “Guru Harus Menjadi Pendengar Yang baik”, terbukti kalimat neh langsung bisa ngebuat semua guru pada diam seribu bahasa (Ngerasa kalee kalu kesindir, ga munafik yah.. Saya Juga!!)

GURU HARUS MENJADI PENDENGAR YANG BAIK, menunjukkan beberapa fakta:

  1. Tingkah kita ga  jauh beda ma siswa.. Paling demen buat forum sendiri!! Kebayang ga perasaan sang pembicara??? Kalu penasaran tanyakan ke guru yang pas jelasin ke siswa ternyata dicuekin… Percaya deh! Rasanya SAMA, ga jauh bea gitu deh…
  2. Adanya kemungkinan besar bahwa kita, para guru terlalu sering/banyak BERBICARA sampai-sampai kita lupa dengan kewajiban kita yang lain yaitu MENDENGAR… KAlaupun hendak dijadikan cermin untuk instrospeksi –> Berapa kali kita acuh terhadap siswa yang ingin menyampaikan sesuatu (Belon sempat ngomong dah dipotong), tanpa sadar ga dengerin perkataan Orang tua, atau mungkin buat yang dah menikah lupa meluangkan waktu untuk sekedar mendengar keluhan/cerita/apapun yang bersumber dari anggota keluarga… Maka tidaklah heran target yang dicapai tidak maksimal hanya karena tidak mendengar…

Kalimat selanjutnya yang ga kalah seru dan patut direnungkan adalah, ” Jangan Melihat Orang yang Berbicara, Tetapi LIat Apa yang Disampaikan!!) –> Aktual , Tajam, dan Terpercaya…

Subhanallah.. Semua Audience seketika tertib mengikuti alur acara…

Tak kalah Seru Acara yang Kedua yaitu Mengenai “Kiat-Kiat Sukses RSBI” dengan pembicara Prof Effendy Phd (Salah seorang guru besar UM lulusan Australia)

Pembicara kali neh merupakan salah satu fasilitator untuk sekolah tempat kami mengajar, jadi kami sudah taw isi materi yang disampaikan. Bahkan untuk lebih menyakinkan, salah seorang teman berkata bahwa kalimat selanjutnya adalah mengenai Kuatnya Ikatan Hidrogen terutama yang ada di Air (H2O) dan ternyata EMANG BENAr, hehehe… (kita udah dengar 3x dengan yang sekarang!!)

Mungkin melihat ekspresi kami yang loyo saat acara berlangsung (kebetulan kita ada di bangku kedua sebelah pojok kanan), beliau langsung menegaskan bahwa yang terpenting dari seorang guru adalah OMONGAN YANG DISAMPAIKAN harus BERBOBOT!!

Caranya dengan SHolat MAlam (Tahajjud sambil mendoakan murid-murid)!! Karena didalam Al Qur’an terdapat perkataan Allah yang kurang lebih artinya, “Barangsiapa yang bermunajat di sepertiga malam terakhir maka akan menjadikan ucapannya baik.”

Yang terlintas di Otakku saat itu adalah cerita dari salah seorang teman mengenai  temannya yang memiliki nilai akademik nyaris sempurna dengan aktivitas keorganisasian yang ga main-main dan hobinya adalah membuktikan suatu rumus… Dengan aktivitas yang bejibun, dia tetep low profile, ga gaptek, pusat informasi untuk teman kuliah satu kelasnya dan ga pernah absen sholat dhuha dan tahajjud… Hari untuknya serasa 36 jam!! AMAZING..

Dan ternyata, dia memang anak yang ga banyak BICARA tetapi sekali mengeluarkan pendapat atau usulan yang lain terdiam dan segera mengikuti!!!  Subhanallah….

Yang Lebih Mengejutkan lagi, InsyaAllah Calon suaminya adalah orang yang memiliki karakter TIDAK JAUH Berbeda dengannya…

lihatlah kawan, Sungguh indah pengaturan Allah…

Sahabat, ntar kita saling mengingatkan yah supaya bisa melakukan perubahan dengan segera, Amin.. serta bangun malam menunaikan shalat tahajud!!!

Saranku, Jangan Berhenti BERHARAP dan BERUSAHA (berdoa) yah ^_^

Coba kalian Pikir???

One thought on ““Omongan Yang Berbobot”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s