Sisi lain

Pelan Kala meraih kedua tangan sang bocah

Ditempelkannya kedua tangan itu dengan tangannya sendiri

“Lihatlah…bukankah tangan kita sama-sama berjari lima, kemarilah anakku….”

Direngkuhnya kepala sang bocah ke dalam dadanya

“dengarlah detak jantungku, bukankah sama detaknya dengan jantungmu ?”

Dan wajah sang bocah kembali cerah, mendung yang sedari tadi menyelimuti wajahnya sirna karena kebijaksanaan Simpanse yang selama ini mengasuhnya……..

Secuplik adegan dalam film kartun Tarzan tadi menggambarkan bagaimana Kala sang simpanse yang mengasuh Tarzan sejak kecil mengingatkan bahwa walaupun secara fisik seringkali kita berbeda, namun dengan cinta perbedaan itu akan ditutupi oleh kesamaan yang lainnnya. Walaupun Kala simpanse dan Tarzan seorang manusia, namun karena adanya kasih sayang diantara mereka berdua, semua perbedaan itu tidak ada artinya apa-apa, toh mereka sama-sama mempunyai detak jantung yang sama, dan mereka juga punya ikatan kasih saying yang sama.

Sekilas hal ini mengingatkan kita bahwa kadang dalam sebuah pertikaian karena perbedaan pendapat seringkali kita melupakan hal yang paling inti, bahwa sebesar apapun perbedaan itu tidak akan pernah menghapus lebih banyak lagi hal yang sejatinya telah Allah anugerahkan sama pada tiap hambaNya.

Tapi kadang hanya karena perbedaan pendapat, hubungan saudara menjadi terputus; hanya karena perbedaan warna kulit, maka yang satu merasa lebih agung dari yang lainnya ; hanya karena perbedaan kedudukan maka yang satu merasa lebih berkuasa disbanding yang lainnya ; atau hanya karena masalah gender, maka yang satu merasa lebih unggul dari pada yang lainnya….Hei What’s up man…….bukankah kita diciptakan Allah dengan berbagai keajaiban penciptaan yang sama ?? bukankah darah kita sama-sama merah ( eits….lupakanlah istilah darah biru karena itu sama sekali gak masuk logika :D) dengan eritrosit, leukosit dan trombosit yang sama;  jantung kita juga sama bentuk dan fungsinya, 4 bilik dengan kontraksi yang bersinergi ; otak kita juga otak yang sama (hanya kapasitas pemafaatannya yang beda he2), jadi……..kenapa harus ada yang merasa wah dari yang lain.

Pencipta kita Yang Agung dalam Al Qur’an (Q.S At-Tiin) saja menegaskan bahwa manusia ( dalam hal ini semuanya kita kecuali orang yang gak menganggap dirinya manusia ha..ha…) diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya, sesempurna mungkin, dengan kapasitas yang masing-masing mempunyai keunggulan sendiri, maka perbedaan kapasitas itu seharusnya membuat kita saling bersinergi untuk membangun bumi yang telah Allah amanahkan manusia untuk menjaganya.

Sesungguhnya amat dekat pada diri manusia itu tanda-tanda kekuasaan Allah agar manusia memahami bahwa perbedaan bukan untuk diperdebatkan, simplenya lihat dalam tubuh kita……….jantung, hati, lambung, mata, telinga, hidung, kulit, usus, bahkan (maaf) anus-pun bisa bersinergi agar tubuh kita tetap bisa menjalankan fungsi fisiologis normal untuk hidup….coba bayangkan kalau tubuh kita gak punya (ini seringkali diremehkan padahal it’s very usefull 4 us) anus….mau lewat mana sisa metabolism tubuh akan keluar…bisa-bisa sampah yang menumpuk dalam tubuh kita.

Basi memang ngebahas ini, tapi bagaimanapun basinya topic ini tetap saja manusia lupa……(emang sudah fitrahnya kali ya……), jadi marilah sekarang kawan…..meskipun kita berbeda profesi, karakter dan status ( ada yang masih lajang, ada yang sudah menjadi istri, ada yang menjadi ibu…tapi tetap ada satu persamaan dalam satus kita yaitu belum jadi nenek-nenek ha…ha…..) , tapi men sana in corpora sano…(loh….) maksudnya kita tetap satu jua…Az-Zahra gitu…..

Seringkali saat masalah seakan-akan membuat hidup sempit kayak dalam kotak sereal, tapi tausiyah kita, candaan kita, kegokilan kita yang tak termaafkan bisa menghapus segala duka lara……

Luv u pull………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s