Mengelola Kesibukan Kita

Pernah suatu hari mungkin kaki ini telah berjalan lebih dari 500 langkah dalam waktu kurang dari 3 jam (capek L ) , naik ke lantai 2, turun lagi buat naik lagi, jadi kalau lantai tangga dilihat oleh tim pencari fakta pake kaca pembesar buat mencari jejak kaki, pasti gak ada celah buat jejak sepatu lain selain sepatu hak 5 senti ini J

Tidak hanya buat mondar mandir, tapi juga cari bahan, bawa laptop kesana kemari, cari berkas yang biasanya dan selalu ketinggalan kalau lagi pusing, dan makin aneh lagi kala melihat waktu kita sibuk mondar-mandir ada banyak makhluk lain yang nyantai di kursinya without do anything n just ngeliatin kita dari barat ke timur untuk ke barat lagi ( masak sih cuman aku yang sibuk ???? atau hanya perasaanku saja ??? atau lebih parahnya lagi aku jadi makhluk sok sibuk di antara kerumunan orang-orang ini ???? )

What happened to me ??? atau hanya diriku saja yang kelebihan tugas n ditakdirkan untuk banyak tugas ( kesan menderita…………….)

Kadangkala bahkan sering terjadi, kita merasa beban kerja terlalu berat, usai pekerjaan satu selesai maka sederet pekerjaan lain telah menunggu untuk dikerjakan, bahkan adakalanya mungkin satu pekerjaan belum lagi selesai, eh bertumpuk pekerjaan sudah antri di belakangnya menunggu untuk diperhatikan. Yah…dengan hanya dua tangan yang kita miliki, satu konsentrasi untuk tiap detik yang kita punya, rasanya beban ini terlampau berat bila dibandingkan dengan waktu dan tenaga yang Allah berikan untuk kita, dan rasanya waktu rehat terasa amat jauuuuuuuhhhhhh…………..sejauh-jauhnya.

Mengelola kesibukan, menjadi PR yang belum tuntas dikerjakan, halini sebenarna menjadi jalan keluar terbaik untuk kita terhindar dari kebosanan dan kelelahan yang kita dapat akibat terlalu banyaknya beban kerja.

Mengelola kesibukan adalah hal sepele yang dijawab oleh orang-orang sibuk yang kita lihat masih bisa energik melakukan pekerjaan yang normalnya selesai dikerjakan dalam waktu 2 hari tambahan dari yang seharusnya dapat ia lakukan. Apa kuncinya ??? maka mengelola kesibukan itu adalah dengan melakukan segalanya disertai perasaan ikhlas dan gembira . Ehm…..benarkah seremeh itu ???

Bayangkan anda memiliki setumpuk pekerjaan yang kudu diselesaikan hanya dalam 2 jam saja, belum lagi bos penuntut yang tak akan pernah ragu untuk menambahkan pekerjaan bila ia pikir perlu untuk ditambahkan. Dan anda pada hari itu berangkat kerja dengan tersenyum, menyapa bos anda dengan tersenyum, mengambil bertumpuk file yang harus anda kerjakan dengan tersenyum, dan anda hanya harus mempertahankan senyum itu bertengger di bibir anda dalam 2 jam ke depan, maka…….fallas………gak terasa satu-persatu pekerjaan anda akan selesai tanpa anda sadari dan kebahagiaan anda akan berlipat ganda setelahnya…gak percaya ??? coba saja (sstttt……….penulis sudah mencoba dan sukses dalam beberapa keadaan hehehe)

Tentang ikhlas…gak perlulah kita bahas lagi, siapapun pasti setuju kalau ikhlas adalah modal pertama kalau kita ingin diberikan kemudahan oleh Allah dalam setiap pekerjaan kita, tul kan ???

Baik, back to point mengelola kesibukan kita, mengelola gak jauh-jauh amat dari kata mengatur, n mengatur gak jauh-jauh dari kemampuan kita untuk cerdas dalam memanfaatkan waktu, jadi daripada berputar-putar kita bahas ajalah tips-tips cerdas untuk mengelola kesibukan (diambil dari beberapa narasumber yang terpercaya sangat sibuk sekali dalam pekerjaannya J )

  1. Bebaskan pikiran anda dari perasaan negatif tiap kali mendapat bertumpuk file atau instruksi yang harus dikerjakan, tatap ke depan dan ucapkan Bismillah dengan hikmat dan sungguh sungguh dengan sesungguhnya,  dan jangan lupa untuk tunggingkan senyum seindah senyum pepsodent di bibir dan cisss…..jepret !!! maka wajah anda akan terpotret dengan senyum sangat sempurna hahaha ( eits…yang awal beneran kok J )
  2. Mulailah dengan perasaan bahagia, mungkin anda perlu menambah motivasi reward yang akan dapatkan untuk memotivasi lebih baik misal gaji yang akan anda dapatkan akan meningkat kalau menyelesaikan pekerjaan ini dengan sukses, atau pujian dari bos yang menyenangkan, atau bonus kesehatan terjamin dengan banyak bergerak :-0
  3. Jangan biarkan rasa bosan mencegah anda dan berhenti, karena energi yang akan dikeluarkan untuk memulai suatu aktivitas ketika anda berhenti akan sangat lebih besar ketimbang anda meneruskan untuk bergerak secara berkelanjutan, ibaratnya ketika anda menyetrika baju, maka akan lebih bijak untuk tidak mencabut stop kontak apabila ada teman anda yang juga akan menyetrika ketika ia selesai mandi, jadi lebih irit kalau anda minimalkan saja dayanya daripada anda cabut stop kontaknya sehingga teman anda nantinya akan mencolokkannnya kembali (yang ini pelajaran anak kost J )
  4. Senangilah apapun yang akan anda lakukan hari ini, dan gembiralah karena semakin banyak pekerjaan yang akan anda lakukan, maka akan semakin sibuk anda dan akhirnya anda akan melalui hari dengan cepat, tiba-tiba waktu sudah menunjukkan jam 4 tanda pulang kantor J, akibatnya anda akan pulang tanpa rasa bosan, dan anda akan tidur nyenyak karena pastinya tak ada pekerjaan tertunda untuk esok hari kan
  5. Yakinlah, bahwa semakin sibuk anda makin akan semakin banyak hal yang akan anda dapatkan (apa itu…tergantung pekerjaan yang anda lakukan tentunya )
  6. Kesibukan yang “tidak sok sibuk” menghindarkan anda dari penyakit “sok malas”, “ sok capek”, “sok lemes” dan “ sok-sok lain yang gak penting”
  7. Jika anda merasa terlalu sibuk sampai otot kaki lemas, tangan kram, mata berair, kepala cenut-cenut dan pikiran anda buntet (atau hidung anda beler karena flu ) jangan ragu untuk menghadap atasan anda dan mengajukan ijin cuti selama beberapa hari untuk refresh , anda akan diijinkan dengan mudah karena kesibukan anda hari-hari sebelumnya membuat bos percaya bahwa anda adalah pekerja keras yang bisa juga capek hehehe
  8. Ingat tips diatas dibuat dengan jujur dan semangat menyala-nyala ( nyambung emang ??? ), kalau benar maka percayalah kalau itu memang benar dan gak ada ruginya merenungkan kebenarannya hingga anda yakin kalau itu memang benar adanya
  9. Akhirnya kalau anda merasa tips diatas aneh dan gak bisa dipercaya sepenuhnya, juga wajar bagi anda karena anda memang hanya perlu membacanya agar paling tidak anda bisa sedikit melarikan diri dari kesibukan anda dengan membaca artikel ini
  10. Paling akhir…………sesibuk apapun anda ingat bahwa apapun yang kita lakukan dengan perasaan gembira akan membawa kita terhindar dari stress berkepanjangan.lagian kita memang diberi waktu oleh Allah untuk melakukan pekerjaan kan, jadi sibuk adalah manifestasi kerajinan kita dalam melakukan pekerjaan tersebut J betul ????
  11. Titik.

Wassalam …………

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s