Bersama Hb

Hemoglobin atau yang sering disingkat Hb adalah bagian dari keajaiban ciptaan Allah dalam tubuh kita, dia ditemukan di Sel Darah Merah (SDM). Hb ini adalah protein yang terdiri dari 2 pasang rantai polipeptida (globin) dan 4 gugus hem/Fe , dimana masing2 Fe mengikat 1 molekul oksigen.

Tugasnya adalah untuk membawa oksigen untuk bahan metabolisme ke seluruh jaringan tubuh, oleh karena itu kalau seseorang kadar Hb-nya kurang, otomatis pasokan oksigen ke jaringan tubuhnya juga berkurang, dan akhirnya menyebabkan kondisinya lemah, letih, lesu karena pasokan energi dari metabolisme berkurang (lah…oksigen sebagai bahan bakarnya aja gak mencukupi :D). Tidak hanya itu Hb juga membawa karbondioksida sebagai bahan sisa metabolisme untuk dikembalikan dan ditukar dengan oksigen di tempat transit (paru-paru) untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh kita.

Kalau diterjemahkan, Hb adalah transporter (pembawa alias kurir), soalnya oksigen memang hanya terikat pada Hb, dan Hb yang bertugas untuk mendistribusikan ke seluruh jaringan tubuh lewat aliran darah. Dan di aliran darah, yang bertugas membawa Hb adalah Sel Darah Merah, bagian dari sel darah selain sel darah putih dan trombosit. Bentuk unik dari Sel Darah Merah inilah yang luar biasa, bentuknya tidak bulat seperti biasa, namun cakram biconcaf yang elastis. Nah kenapa harus cakram biconcaf yang elastis ??? ternyata alasannya adalah sbb :
1. Cakram biconcaf mengakibatkan Sel Darah Merah ini mempunyai luas permukaan yang lebih luas, bandingkan kalau ia hanya kepingan bundar saja, akhirnya luas permukaan yang luas ini menyebabkan Oksigen juga lebih leluasa untuk keluar masuk dan muatannya lebih banyak
2. Elastis mengakibatkan bentuk cakram ini mudah melengkung kalau melewati sel pembuluh darah yang sekecil apapun di bagian tubuh kita yang perifer (paling ujung), kalau kita amati tubuh kita, ada pembuluh darah besar yang bisa kita lihat di tangan dan punggung tangan, nah selain pembuluh darah yang ukurannya bisa mudah dilihat tersebut, ada juga pembuluh darah yang merupakan rantingnya, ukurannya bahkan sangat keccil, dia biasanya bertugas membawa sel darah ke daerah ujung-ujung organ, bahkan jaringan yang terkecil, oleh karena itu sel darah merah yang tugasnya membawa Hb ini juga harus mencapai daerah tersebut dengan berusaha melewati pembuluh darah sempit itu, akhirnya bentuk elastis ini akan mudah membuat ia beradaptasi di tempat sempit kan ???😀

Nah jumlah SDM dalam tubuh kita adalah untuk laki-laki ♂,1µL darah = 4.5-6.3 juta RBCs, sedangkan untuk ♀,1µL darah = 4.2-5.5 juta RBCs, Kalau kadar Hb 14-18g/dL pada ♂ dewasa, dan 12-16g/dL pada ♀ dewasa, sedangkan 14-20g/dL pada anak-anak. Kalau kurang dari tu bisa berbahaya bagi kelangsungan metabolisme jaringan tubuh kita, atau biasanya sih disebut dengan anemia.

Anemia sendiri sebenarnya disebabkan menurunnya produksi atau jumlah SDM oleh tubuh kita, bisa disebabkan faktor nutrisi (kekuarangan asupan zat besi/Fe, vitamin B12, asam folat) , gangguan pembentukan SDM (gangguan pada sumsum tulang), penurunan jumlah SDM karena perdarahan, atupun genetik (sickle cell anemia).
Beberapa tanda anemia secara ringkas adalah pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar Hb kita dibawah normal, kalau diperiksa pada palpebra mata (kelopak mata bawah bagian dalam) terlihat pucat, lemah, gampang letih dan lesu.
Penangananya tergantung penyebabnya :
Kalau disebabkan nutrisi berarti asupan nutrisi yang penting harus ditambah untuk zat besi, asam folat dan Vitamin B12, kalau perlu transfusi darah, dan kalau gangguan disebabkan karena penurunan produksi SDM dikarenakan kerusakan organ ginjal, spleen atau sumsum tulang, maka mungkin memerlukan treatment bedah juga .

Itulah , banyak sekali keajaiban yang ada dalam tubuh kita, seandainya kita mencermati 
Thank You Allah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s