Perkembangan Care To Share

” Engkau akan menjadi milik hartamu jika tidak engkau sedekahkan, dan jika engkau sedekahkan, maka hartamu itu akan menjadi milikmu” (Hasan Al-Bashri)

Alhamdulillah😀, sejak di lounching kira-kira setahun yang lalu, kami sangat bahagia atas respon kawan-kawan yang telah banyak membantu dan selalu berpartisipasi ketika kami butuhkan. Niat awal ketika membentuk rekening ini sebenarnya adalah untuk membantu adik2 kita di SMU 1 yang tidak semuanya mampu, dan akhirnya karena beberapa pertimbangan, kami memfokuskan untuk membantu adik2 yang sudah lulus dan ingin melanjutkan kuliah, mengingat untuk yang masih bersekolah, kami masih bisa mengusahakan keringanan dari sekolah.

Kenapa akhir2 ini fokus untuk membantu mereka untuk ikut ujian ??? bagaimana dengan biaya kuliah mereka nanti kalau mereka lulus ?? itu juga masih dalam pertanyaan kami kok😀, tapi kami yakin , kalau kita berusaha, Allah akan memberikan jalan, bahkan dari arah yang tidak terduga. Intinya kami mengusahakan agar mereka bisa masuk kuliah dulu di PTN, sedangkan untuk biaya perkuliahan mereka nantinya, kami akan carikan link-link beasiswa yang ada di masing-masing PTN, dan itu terus terang sangat banyak sekali. Oleh karena itu prinsipnya sekarang bantu mereka untuk masuk dulu, kemudian untuk biaya kuliahnya kita pikirkan nanti😀 (nggak juga dhing…yang pasti nanti kita pikirkan langkah selanjutnya hehehe *sama aja* )

Untuk itu kami juga minta info beasiswa yang teman2 tahu baik dari Universitas teman2 sebelumnya, atau dari yayasan mandiri, yang pasti info itu akan sangat bermanfaat nanti buat adik2 yang diterima kuliah.

Ini ada beberapa info yang semoga bermanfaat :
1. Di Universitas Brawijaya (tempat saya kuliah dulu), beasiswa yang disediakan oleh universitas ada beragam , misalnya Beasiswa Supersemar, BBM, Astra atau Djarum. Persyaratannya cukup simple, biasanya adalah mereka sudah menjadi mahasiswa Univ yang bersangkutan, nilai IP mereka yang bagus (minimal 2,75) , surat keterangan tidak mampu, slip gaji ortu kalau ada. Dua yang saya sebutkan terakhir nominal jumlahnya lumayan banyak, biasanya tidak hanya biaya kuliah, tapi juga biaya hidup dan buku, tapi memang saingan dan seleksinya lebih sulit, tapi untuk adik2 kita yang pinter saya rasa tidak masalah (lulusan SMU 1 kan :D). Info beasiswa ini juga sangat mudah diakses oleh mahasiswa, karena selalu update di papan informasi fakultas dan universitas
2. Beasiswa yayasan mandiri, sangat banyak malah, tapi rata-rata mensyaratkan LOA dulu (letter of acceptance) dari universitas yang bersangkutan, oleh karena itu, mengusahakan mereka masuk dulu sangat penting, misalnya dari sampoerna yang lumayan gedhe kucuran dananya :
http://www.bursabeasiswa.com/scholarship-386

3. Untuk jalur siswa berprestasi, biasanya dibuka jauh-jauh hari sebelum SNMPTN, biasanya rekomendasi sekolah untuk mahasiswa yang punya prestasi nilai maupun penghargaan sejak mereka sekolah SMU
4. Ada lagi beasiswa untuk aktivis dari DIKTI , jumlahnya besar dan ditambah kegiatan pelatihan kepemimpinan, menguntungkan juga, hanya kalau si mahasiswa aktif di organisasi kemahasiswaan kampus

Nah…dari paparan di atas, yang kita butuhkan untuk saat ini memang mengusahakan agar mereka bisa ikut ujian masuk dulu, bisa dengan informasi waktu pelaksanaan, atau informasi lain yang bermanfaat. Untuk selanjutnya kalau mereka diterima, kita carikan link beasiswa seperti tersebut diatas. Yang patut dicermati adalah untuk DP/uang masuk yang lumayan besar saat pertama kali mendaftar, sebenarnya juga tidak perlu dicemaskan, karena Perguruan Tinggi yang bersangkutan-pun menyediakan kuota untuk mahasiswa yang tidak mampu, untuk itu ada peluang memperoleh keringanan atau mencicil, kalau di Universitas Brawijaya , organisasi kemahasiswaan UB biasanya memilki program bantuan advokasi untuk membantu Maba mengurus persyaratan ini waktu mendaftar (biasanya Maba bingung dan mengira gak bakalan bisa masuk kuliah kalau semua biayanya gak dibayar), oleh karena itu , kami juga minta info adakah layanan seperti itu di Univ lain, nanti siapapun yang diterima akan kami kabarkan di group ini.

Terima kasih ^____^

2 thoughts on “Perkembangan Care To Share

    1. NISA say : thak..thank ya…. salut buat temen2 yang antusias dg program ini, kmrn liat note-nya Re yang ngumpulin dana lwt KeMPro (apaan itu ya ???* )buat Care To Share, jd terharu (deuh……)😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s