Tempat teraman bagi wanita

Saya baru membaca artikel di Republika, ttg survey negara paling menyeramkan bagi kaum Hawa, foto di artikelnya menampilkan 2 orang wanita dengan memakai burqa (pakaian yang biasa di pakai dipakai oleh wanita2 Afghan, tertutup seluruh tubuhnya, wanita tersebut melihat melalui mata yang juga tertutup oleh sejenis jaring-jaring).

Ini dia kutipannya :

***
Sebuah riset yang dipublikasikan aktivis perempuan sedunia, Rabu (15/6) kemarin, menyebutkan, Afganistan, India dan Pakistan merupakan negara paling menyeramkan bagi perempuan. Meski demikian, para aktivis perempuan menemukan secercah harapan akan perbaikan yang merujuk pada kesadaran masyarakat dari ketiga negara untuk mengakui hak-hak perempuan.

***
Berbicara soal Afganistan, para pakar sepakat, ada kemajuan berarti dari isu-isu perempuan di Afganistan selama 10 tahun terakhir. Mereka melihat perempuan Afganistan semakin berperan dalam politik. Akan tetapi Afganistan masih memperoleh rapor merah dalam hal pelanggaran hak asasi seperti perkawinan paksa dan perdagangan manusia.

“Pemerintah kami tidak dapat memberikan hak perempuan. Dan perempuan bahkan tidak memiliki akses ke hak-hak yang Allah berikan mereka dalam hukum syariah kami [Islam],” ujar Lal Lal Gul, ketua Organisasi Hak Asasi Manusia Afghanistan.

Rapor merah lain, kekacauan infrastruktur akibat perang berkepanjangan mengakibatkan satu dari 11 wanita meninggal saat melahirkan dan 87 persen perempuan buta huruf. “Jika mereka menghentikan perang, uang bisa pergi untuk membuat rumah sakit dan memberikan pendidikan kepada perempuan. Anak-anak kita tumbuh di jalanan karena perang bodoh itu,” ketus Fatana Gailani Ishaq, pendiri dan ketua Dewan Perempuan Afghanistan di Kabul.

***
Di India dan Pakistan, kondisi perempuan jauh lebih baik. Ini karena, isu-isu perempuan telah memasuki wacana publik. Persoalan yang dihadapi Pakistan soal isu perempuan adalah kekerasan, pelecehan dan kawin paksa.

Sementara India, persoalan aborsi, perdagangan dan pernikahan dengan anak tidak terdaftar menjadi masalah terbesar. Akibatnya negeri Mahatma Gandhi menjadi negara paling menyeramkan bagi perempuan. “Dahulu kami berpikir ruang domestik begitu tertutup oleh hukum,” kata Radhika Chopra, seorang sosiolog di Universitas Delhi.

***
Afganisthan, India dan Pakistan (Alhamdulillah Indonesia adalah negara aman bagi kaum Hawa :D)
Dua negara diantara negara2 yang tersebut adalah negara dengan mayoritas penduduk Islam (Afghanistan dan Pakistan) dengan letak geografis yang berdekatan (3 negara ini adalah tetangga dekat yang berbatasan daerah satu sama lain). Kenapa Afghan ??? Kenapa Pakistan ???

Afghanistan adalah negara konflik yang berkepanjangan, pemerintahannya dikuasai oleh Thaliban bertahun-tahun, mereka di wikipedia digambarkan sbb :
Gerakan Taliban, atau Taliban atau Taleban (Bahasa Persia dan Pashtun طالبان; Bahasa Iran, dari bentuk jamak Bahasa Arab طالب ṭālib, “murid”), adalah gerakan nasionalis Islam Sunni pendukung Pashtun yang secara efektif menguasai hampir seluruh wilayah Afganistan sejak 1996 sampai 2001.

Kelompok Taliban dibentuk pada tahun 1994 mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan Pakistan.[2] Dewan Keamanan PBB mengecam tindakan kelompok ini karena kejahatannya terhadap warga negara Iran dan Afghanistan.[2] Taliban mealkukan berbagai aksi pelanggaran HAM di Afghanistan.[2]

Kelompok ini mendapat pengakuan diplomatik hanya dari tiga negara: Uni Emirat Arab, Pakistan, dan Arab Saudi, serta pemerintah Republik Chechnya Ichkeria yang tidak diakui dunia. Anggota-anggota paling berpengaruh dari Taliban, termasuk Mullah Mohammed Omar, pemimpin gerakan ini, adalah mullah desa (pelajar yunior agama Islam), yang sebagian besar belajar di madrasah di Pakistan. Gerakan ini terutama berasal dari Pashtun di Afganistan, serta Provinsi Perbatasan Barat Laut (North-West Frontier Province, NWFP) di Pakistan, dan juga mencakup banyak sukarelawan dari Arab, Eurasia, serta Asia Selatan.

Pemerintahan Taliban digulingkan oleh Amerika Serikat karena dituduh melindungi pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden yang juga dituduh Washington mendalangi serangan terhadap menara kembar WTC, New York pada tanggal 11 September 2001 bekerja sama dengan kubu Aliansi Utara.[2] Invasi ini dimulai pada bulan Oktober sampai dengan bulan November 2001 dengan secara mengejutkan sehingga pihak Taliban langsung keluar dari ibukota Afganistan, Kabul sehingga pihak Amerika relatif cepat dan mudah menguasainya.

Bagaimana dengan Pakistan ???
di Wikipedia (juga) ditulis sbb :
Pakistan (Listeni /ˈpækɪstæn/ atau Listeni /pɑːkiˈstɑːn/; bahasa Urdu: پاکِستان) (Cara pembacaan Urdu: [paːkɪˈst̪aːn] ( dengarkan)), secara resmi bernama Republik Islam Pakistan (bahasa Urdu: اسلامی جمہوریۂ پاکِستان) adalah sebuah negara di Asia Selatan. Negara ini memiliki garis pantai sepanjang 1,046-kilometer (650 mil) dengan Laut Arab dan Teluk Oman di bagian selatan, berbatasan dengan negara Afghanistan dan Iran di bagian barat, India di bagian timur dan China di arah timur laut.[1] Tajikistan terletak sangat berdekatan dengan Pakistan, namun dibatasi oleh daratan sempit yang disebut Koridor Wakhan. Pakistan terletak secara strategis di antara daerah-daerah penting di Asia Selatan, Asia Tengah, dan Timur Tengah.[2]

Dahulu, wilayah Pakistan saat ini merupakan situs dari kebudyaan kuno seperti budaya Neolitik, Mehrgarh dan peradaban emas lembah indus. Dan merupakan bagian dari sejarah Veda, Persia, Indo-Yunani, peradaban Islam, dinasti Turki-Mongol dan kebudayaan Sikh melalui berbagai invasi. Sebagai akibatnya, tempat ini memiliki berbagai peninggalan berbagai dinasti seperti dinasti Persia, Khalifah Ummayah, kekaisaran Maurya, kekaisaran Mongol, kesultanan Mughal, kesultanan Sikh dan terakhir Imperialisme Inggris. Pakistan memperoleh kemerdekannya dari Imperialisme Inggris pada tahun 1947 setelah gerakan kemerdekaan yang dipimpin oleh Mohammad Ali Jinnah yang menginginkan negara merdeka dari bagian barat dan timur Kemaharajaan Britania Raya yang didominasi oleh Islam. [3]. Setelah mengadopsi konstitusi baru pada tahun 1956, Pakistan secara resmi menjadi negara Republik Islam.

****

Nah……di negara Islam yang notabene membwa keberkahan dan kedamaian , bagaimana mungkin malah menjadi daerah paling menakutkan bagi kaum hawa. Padahal dahulu Islam datang untuk membawa kaum Hawa dari keterpurukan dan kejahiliyahan masyarakat yang memandang rendah sosok perempuan. Islam melarang pembunuhan bagi bayi-bayi perempuan yang menurut keluarga mereka tidak berharga, Islam juga melarang kaum laki-laki menikahi perempuan hanya karena nafsu, Islam memberikan tuntunan bagaimana mempergauli wanita dengan baik, Islam juga mengabarkan bahwa kedudukan wanita dan laki-laki sama, yang membedakan di hadapan Allah hanyalah tingkat ketakwaannya. Islam juga sudah terperinci memberikan aturan dan tata tertib kehidupan bagi wanita, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Secara sadar, gambaran Islam dan Keterpurukan kaum Hawa di dua negara tersebut sedikit banyak memberitahu dunia dengan pandangan yang mungkin berat sebelah. Seandainya di generalkan, masalah utama mereka adalah pendidikan

Tak ada pendidikan layak untuk ditempuh oleh wanita di dua negara tersebut, pemahaman yang salah mengenai “perlindungan”terhadap kaum Hawa membuat pemerintah membatasi ruang gerak para wanita disana untuk mengenyam pendidikan. Secara tidak langsung membuat para wanita tak berdaya, ketika jeratan-jeratan budaya yang sebenarnya mungkin salah semakin menjerumuskan mereka dalam ketidak berdayaan.

Tidak salah, kalau ada peribahasa yang menyebutkan
** Ilmu pengetahuan tanpa agama sama dengan lumpuh, Agama tanpa ilmu pengetahuan sama dengan buta” (atau kebalik ya ??😀 **

Jadi tempat teraman bagi wanita dimana ???? Yang pasti tempat teraman bagi wanita adalah dimana dia dapat mengerahkan semua potensinya untuk kemajuan umat😀

Mari mencerdaskan bangsa !!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s