Pohon Baobab ^_^

Kenapa membahas pohon ini ya ??? Saya pertama kali tahu nama pohon ini dari Buku The Little Prince, disana dikatakan Pohon Baobab jahat, kalau dia sudah tumbuh di planet tempat pangeran kecil tinggal, maka planetnya akan hancur😦 , nah…..disitu juga digambarkan bahwa pohon baobab ini suanguat besarnya. Awalnya saya , seperti anak kecil lain, mengira pohon ini hanyalah ada di negeri dongeng, ternyata ketika dewasa dan suatu hari mendengar bahwa UI mindahin pohon Baobab ini dari Bandung ke Depok, saya jadi gembira, ternyata pohon ini ada !!!!.

Tapi keberadaan pohon ini di dunia nyata tidak lepas dari imajinasi saya ttg pohon ini dari cerita “The Little Prince” , apakah pohon ini memang beraroma jahat ???

Hmmm…..
Ternyata dari wikipedia saya dapatkan bahwa :
Baobab adalah nama umum dari sebuah genus (Adansonia) yang terdiri dari delapan spesies pohon asli Madagaskar, Afrika daratan dan Australia. Spesies Afrika daratan juga ada di Madagaskar, tetapi tidak asli negara itu. Nama umum lainnya adalah boab dan boaboa. Spesies ini mencapai tinggi antara 5–25 m. Mereka menyimpan air di dalam batang mereka, dengan kapasitas diatas 120.00 liter untuk bertahan dalam kondisi lingkungan sekitar mereka. Pohon ini batangnya besar, tapi daunnya sangat kecil, gak imbang😀

Berhubung koneksi net-nya bmasalah, jadi lihat gambarnya disini saja ya http://id.wikipedia.org/wiki/Baobab

Di Indonesia, pohon ini dikenal dengan nama Ki Tambleng😀, apakah sejahat yang saya kira ???
Ternyata tidak juga hehehe, pohon ini kalau ditanam di planet pangeran kecil yang memang kecil memang bisa menghancurkan planetnya, tapi kalau di planet kita, efeknya gak sedahsyat itu, malah bisa dibilang manfaatnya banyak ;D
Pohon Baobab diyakini mempunyai daya regenerasi tinggi. Pohon yang tumbangpun, selama masih menyentuh tanah, hampir dipastikan akan tetap hidup dan bertunas kembali (dari majalah TEMPO 22-28 Nov 2010).

Rektor Universitas Indonesia (UI), Gumilar Rusliwa Somantri, mengatakan pohon African Baobab mempunyai kandungan nilai nutrisi tinggi yang berguna bagi kesehatan.

“Adalah artikel di sebuah media Eropa yang mencantumkan keistimewaan dari Superfruit bernama African baobab atau Adansonia Digitata,” kata Gumilar.

Dalam artikel di media Jerman tersebut, dikatakan bahwa buah dari pohon tersebut mengandung Vitamin C yang sangat tinggi, bahkan mencapai enam kali lebih banyak dari yang terkandung di dalam jeruk. Kadar kalsiumnya lebih banyak dari yang terdapat di susu.

“Daun dari pohon ini dapat dipergunakan untuk bahan lalap atau sayur, yang mengandung mineral sangat tinggi,” katanya.

Untuk kulit pohon yang bernama lokalnya Ki Tambleg tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan masyarakat, seperti bahan membuat tali bahkan pakaian.

Di Indonesia sendiri, khususnya Jawa Barat, terdapat puluhan pohon African Baobab yang diperkirakan ditanam Belanda lebih dari sekitar 160 tahun yang lalu. Bahkan ada dugaan pohon baobab yang lebih tua, usianya sekitar 700 tahun, ditanam oleh penduduk setempat.

Bibit tanaman tersebut dibawa oleh pedagang-pedagang dari Timur Tengah yang menyebarkan bibit pohon tersebut sejalan dengan penyebaran ajaran Islam di tanah air.

Besarnya ??? Ukuran pohon yang direlokasi ke UI jauh dari ukuran sebenarnya saat tumbuh di Subang. Satu dari dua pohon yang ditanam terakhir mempunyai berat 135 ton, dengan tinggi 17 meter dan diameter batang 4,7 meter. Satu lagi setinggi 14 meter dan beratnya 45 ton. Tapi, untuk kelancaran pemindahan, pohon itu terpaksa dipangkas. “Setelah dipangkas, beratnya jadi 80 ton dan 35 ton dengan tinggi 12 meter,” kata Maryanto, konsultan proyek pemindahan ki tambleg.

Sekarang seperti apa ??? Saya juga tidak tahu, tapi akan saya cari tahu hahaha

Ternyata pohon ini adalah pohon yang multifungsi, batangnya sangat besar tapi tidak keras, agak-agak mirip kayu kelapa😀

Nah itu adalah Baobab di alam nyata, kalau di alam dongeng pangeran kecil, sejak dia mulai tumbuh bertunas harus segera dibasmi agar tidak menghancurkan planet, kalau di bumi kita, sebaliknya……Lestarikan Dia…Untuk Masa Depan Planet Kita….Save The World ….Hidup Penghijauan !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s