Tips mengurangi mual muntah selama kehamilan ^^d

Mual muntah selama kehamilan merupakan hal yang bersifat subjektif. Hal ini menyebabkan dampak mual dan muntah yang terjadi berbeda antara satu wanita dengan lainnya. Meskipun wajar, namun apabila mual muntah berat yang tidak ditangani akan menyebabkan gangguan serius pada wanita hamil. Tapi gejala ini akan berlalu dengan sendirinya (mestinya sudah tidak akan terasa kalau sudah melahirkan hehehe), Nah, ada banyak hal yang ditawarkan untuk mengurangi dampak mual muntah pada kehamilan, uatamanya pada trimester pertama , diantaranya adalah :

1. Makan dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar hanya akan membuat anda bertambah mual. Berusahalah makan sewaktu anda dapat makan, dengan porsi kecil tapi sering, biasanya untuk memotivasi ibu agar dapat makan meskipun mual, pikirkan bahwa ini anda lakukan untuk perkembangan bayi anda 
2. Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein yang dapat untuk membantu mengatasi rasa mual. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit, dll (kalau bisa makanlah makanan kesukaan anda yang termasuk dalam golongan makanan diatas)
3. Di pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung berdiri, cobalah duduk dulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi siapkanlah snak atau biscuit didekat tempat tidur anda, dan anda dapat memakannya dahulu sebelum anda mencoba untuk berdiri (cara baru ngemil yang diperbolehkan  )
4. Hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas yang akan memperburuk rasa mual anda.
5. Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat muntah. Minumlah air putih, ataupun juice. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat (missal kopi atau minuman bersoda)
6. Pengobatan Tradisional :
Nah disini ada beberapa hal yang bias anda coba sendiri :

• ) Biasanya orang menggunakan jahe dalam mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional. Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk menbantu mengatasi rasa mualnya. Menurut sebuah ulasan yang dipublikasikan oleh jurnal Obstetrics & Gynecology, jahe dapat membantu para wanita hamil yang mengalami morning sickness tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan janin di dalam kandungannya. Dari enam penelitian yang menguji efek jahe dalam mengurangi rasa mual dan muntah pada wanita hamil, ditemukan bahwa jahe berfungsi lebih baik dibandingkan plasebo atau obat inaktif seperti vitamin B6, yang selama ini menunjukkan fungsinya dalam mengurangi mual dan muntah pada beberapa wanit hamil (amannya ngemut permen jahe aja  )
• Teknik acupressure untuk mengurangi mual muntah. Salah satu metode non farmakologi yang ditawarkan untuk mengatasi mual dan muntah selama kehamilan adalah akupresur yang dilakukan pada titik perikardium 6. Akupresur merupakan salah satu teknik yang dipergunakan dalam pengobatan tradisional China yang bermanfaat untuk mengurangi mual muntah selama kehamilan dengan cara mengeluarkan endorphin, sesuai dengan teori neurotransmitter. Caranya adalah dengan Coba pijat titik Selaput Jantung N0.6, terletak selebar 3 jari diatas garis. tekan 3 jari di bawah pergelangan telapak tangan kanan/kiri. Tekan lembut dan dalam selama kurang lebih 2-5 menit.Pemijatan dilakukan dengan cara membuat lingkaran yang lembut pada titik tersebut. Pada awalnya tidak dianjurkan untuk tidak menekan terlalu keras karena bisa menyebabkan muntah menjadi lebih buruk. Bila merasa nyaman, maka tekanan dapat dilakukan lebih keras. Gosokan ini dilakukan selama 30 detik sampai dua menit. Akupresur bekerja dengan cukup cepat, biasanya satu sampai dua menit, bagi penderita yang mengalami gangguan pencernaan

7. Istirahat dan relax akan sangat membantu anda mengatasi rasa mual muntah. Karena bila anda stress hanya akan memperburuk rasa mual anda. .Hadapilah kehamilan anda dengan kebahagian, karena ini adalah anugerahNya untuk anda 

# Coba untuk makan makanan yang ringan, mudah dicerna seperti roti, kraker, kentang atau makanan lunak lainnya, karena ini bisa mengurangi rasa mual anda.
# Letakkan makanan di dekat tempat tidur anda, karena bangkit dari tempat tidur bisa membuat anda mengalami mual dan muntah.
# Ganti pasta gigi anda bila anda merasa rasa mual bertambah parah saat anda menyikat gigi anda
# Hindari rasa stres karena tidak bisa makan makanan dengan menu seimbang, karena ini bisa menyebabkan anda lebih beresiko mengalami mual dan muntah.

8. konsultasi /Hubungi dokter anda bila mual-muntah menjadi sangat hebat, sehingga anda tidak dapat makan atau minum apapun juga sehingga dapat menimbulkan kekurangan cairan/dehidrasi. (Hiperemesis gravidarum).

ditulis dengan sumber http://doktersehat.com/tips-mengatasi-mual-dan-muntah-saat-hamil/ dan http://www.infoibu.com/tipsinfosehat/mualmuntah.htm

3 thoughts on “Tips mengurangi mual muntah selama kehamilan ^^d

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s