Bhinneka Tunggal Ika

Inget istilah “Bhinneka Tunggal Ika”??? , artinya kalau gak salah (lhaaa katanya inget banget :p ) yah berarti kan bener  :) bisa disinonimkan dengan berbeda tetapi tetap satu juga, Indonesia !!!! (prok…prok…prok…….*nyemangatin tim Indonesia di Sea Games🙂 )

 

Nah..kami merasakan banyak sekali kelucuan denga kbhinnekaan ini di bangku kuliah, teman-teman saya ada yang dari Sumatra (mulai dari Aceh s/d Bengkulu), Kalimantan (Banjarmasin dan Palangkaraya), Maluku dan Jawa (Jabar s/d Jatim).

Akhirnya pengaruh budaya, bahasa dan istilah yang berbeda menjadikan beberpa moment menjadi menggelikan. Yang paling banyak saya alami adalah shock kulture di rumah kontrakan mungil kami (saya tinggal bersama ibu-ibu dari Padang :p ).  Resiko dari budaya dan bahasa yang berbeda membuahkan kondisi sbb :

Roaming 

Roaming  (biasanya ni istilah di jaringan komunikasi, tapi sering disalah gunakan menjadi kesalahan layanan bahasa dalam percakapan sehari-hari hehehe) ini akan timbul bila dalam suatu kesempatan berkumpul bareng, tanpa sengaja ibu-ibu itu saling bercakap dengan bahasa padang yang melayu-layu begitu , jadilah kami berdua yang javanese menjadi terharu biru (mengharukan alias bingung mendengarnya … *tiba2 jadi o’on mendadak🙂 ), begitu juga sebaliknya , kalau kami berkumpul dengan kawan-kawan dari Jawa, gak sengaja kami keasyikan ber-javanese ria, akhirnya ibu-ibu itulah yang teriak2 ke-roaming-an :p (Rancak bana !!!!). Kalau dari Kalimantan, biasanya diakhir kata ada aja “na” nempel disana, jadi kalau bilang kita harus kesana jadinya “kita harus kesana na” (na-nya double hehehe)

Makan

Kami di rumah kontrakan bingung bukan main, masalahnya ibu-ibu dari Padang gak cocok dengan beras jawa, alasannya karena beras jawa menyerupai bubur atau halus, gak nyaman kalau dimakan dengan sayur dan kuah, sedangkan mereka terbiasa makan nasi yang “berderai-derai” _nuh istilah sono_ alias maisng-masing nasi terpisah (kaya nasi goreng gitu deh), jadinya karena gak kecocokan itu (mereka jadi g enak makan saking gak biasanya) akhirnya tiap mudik Bu Lola n Bu Devi bawa beras dari Padang langsung🙂, hebat…berasnya naek pesawat hahaha. Beras padang punya takaran air berbeda dalam memasaknya, parahnya kami gak nyadar, jadi waktu kami nyoba masak beras jawa (waktu itu ditinggal ibu2 mudik) dengan takaran air yang sama dengan beras padang, olala….nasi kami jadi bubur yang menyerupai bubur ayam (aseli….parah), nah katanya beras kalimantan juga beda tuh < gimana bedanya > don’t know alias belum nyoba

Budaya

Ini bikin kami ketawa berguling-guling (gak juga sih…….palingan juga terbahak – bahak aja🙂 ), kebetulan waktu itu tetangga kami sedang berduka cita, kami memutuskan pergi takziah bersama ibu kos. Setelah saya dan teman saya rapi jali siap berangkat, masih harus menunggu ibu2 itu ganti baju, dan olala…….kami tertegun ketika mereka keluar kamar dengan kostum masing-masing (pada pake sarung) , sambil menahan tawa kami hanya bertanya “kok pake sarung bu lola? ”

“Iya…biasanya di kampung ibu begini ” Kata Bu Lola

“ooooo….” mangggut-manggutlah kami, karena kami menghormati budaya nenek moyang dari tanah berbeda, kami gak berani menyarankan mereka ganti kostum meskipun berasa aneh :p

Nah…….kehebohan muncul waktu kami njemput ibu kos di samping rumah, kami jadi ketawa sampai menangis ketika mendengar percakapan lucu seperti dibawah ini (halaaah)

“Lhoh ngapain pake sarung segala !! bajunya kecuci semua ??” ibu Kos sampe teriak waktu bertanya saking hebohnya

“Nggak bu, kan di kampung kami biasanya begini kalau mau melayat” kata Bu Lola

“Ya Allah..gak usah begitu, sono ganti baju dulu !! “Wadow dengan sadis ibu kos ngasih saran (nyuruh kaleeee :p)

“Tapi kan kami biasanya begini, menghargai budaya”Bu Lola masih ngengkel

“Lha…disini kagak ada kayak begituan, itu kan di kampung, udah ganti sono, masak mahasiwa S2 kayak begini dandanannya”

Lha kami ??? Udah dari tadi ketawa terbahak-bahak mendengar percakapan tadi (padahal gak enak juga, masak mau takziah melucu dulu hehehe)

Any way, mau roaming, mau shock kulture atau mau makan … tetep aja asik kalau gaul sama mereka, jadi lucu😀

Inilah Indonesia !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s