Hidup Sehat dengan Makan Sehat _Sekelumit Catatan Kuliah ^___^

Hidup sehat susah nggak sih ??? sebenernya gampang dan nggak ribet-ribet amat. Kita hanya harus memahami “kemauan tubuh” kita yang secara alami bisa menuntun kita hidup sehat. Sakit dalam hal ini juga bisa diartikan sebagai gangguan alami rutinitas tubuh.
Menurut penelitian tentang siklus tubuh, utamanya system pencernaan, ditemukan 3 siklus yang didasarkan pada tiga fungsi tubuh yang terbagi tiap 8 jam. Siklus tersebut adalah siklus yang normal terjadi dalam tubuh kita utamanya system pencernaan, yaitu :

Pukul 12.00 – 20.00 : PENCERNAAN
Pukul 20.00 – 04.00 : PENYERAPAN
Pukul 04.00 – 12.00 : PEMBUANGAN

Siklus pencernaan–> sangat intensif antara pukul 12.00 (tengah hari) dan pukul 20.00 (8 malam). Pada siklus ini energi tubuh lebih banyak dipusatkan ke fungsi pencernaan. Sepanjang siklus ini merupakan saat yang tepat untuk mengisi lambung dengan makanan padat. Lebih cocok makan makanan hewani pada siang hari, karena daging dicerna lebih lama daripada makanan lain, sehingga apabila sudah menjelang malam daging tersebut sudah selesai dicerna, lain kalau kita makan daging pada malam hari, belum habis dicerna, maka ketika tubuh telah masuk siklus penyerapan, makanan yang belum selesai dicerna tsb bisa membusuk. Oleh karena itu, pada malam hari diutamakan makan makanan yang mudah dicerna, missal buah dan sayuran.

Siklus penyerapan –> berlangsung sangat intensif antara pukul 20.00 (8 malam) dan pukul 04.00 (dini hari). Sepanjang siklus ini terjadi proses penyerapan sebagian besar zat-zat makanan yang sudah tercerna dan pembagian zat-zat makanan ke seluruh bagian tubuh. Karena itu, tidur terlambat atau makan larut malam dapat mengurangi pasokan energi yang diperlukan untuk proses penyerapan.

Siklus pembuangan–> sangat intensif terjadi antara pukul 04.00 (tengah hari) dan pukul 12.00 (tengah hari). Pada siklus ini, energi akan lebih banyak dipakai untuk membantu proses pembuangan. Sampah akan lebih banyak dikeluarkan dalam siklus ini. Banyak orang mengeluh tidak mempunyai nafsu makan pada pagi hari, tapi tidak menyadari bahwa ini adalah hal sangat alami. Karena tubuh tengah melalui siklus pembuangan. Tubuh tidak terlalu membutuhkan makanan padat (misalnya nasi dan daging) yang sulit dicerna dalam kurun waktu tersebut, malah bisa mengacaukan proses pembuangan karena kekurangan energi.

Akhirnya, setelah kita tahu siklus tubuh kita bagaimana, maka yang perlu diperhatikan apabila kita makan adalah :

Bangun tidur –> minum segelas air putih , bubuhi 2-3 jeruk air jeruk lemon/nipis untuk detoksifikasi, tonikum hati. Bila pemula dan khawatir akan sakit perut maka air jeruk nipis boleh dikurangi sedikit.

Makan/ kudapan pagi –> buah segar, buah potong, salad buah, jus, bisa juga gula buah. Hal ini karena buah menyediakan energy dan mudah dicerna juga lebih cepat meninggalkan lambung.Bisa juga diberi telur tanpa/sedikit minyak (15-30 menit setelah makan buah)

Makan siang –> lebih tepat menu hewani disbanding malam agar tidak masuk siklus penyerapan . Telur, keju, yoghurt

Makan sore –> paling aman sayur, missal salad/sup, atau teh herba, setelah makan plus 1 gelas jus

\Catatan :
Konsumsi buah sebaiknya 20-30 menit sebelum makan (bukan setelah makan ^___^). _Semangka, melon, blewah tidak boleh dimakan dengan mencampurnya beserta buah lain_
Apabila makan, usahakan minum 30-60 menit setelah makan, jangan minum disela-sela makan karena mengganggu kerja lambung ^___^

Sumber : http://sweetstrawberry.wordpress.com dan penjelasan kuliah ^___^ (berarti nulisnya waktu kuliah ?? ….. iya hehehe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s