Mengapa Rumah Sakit ??

UGD penuh sesak dengan pasien, sebagian yang tertangani sudah lebih tenang, sedangkan sebagian yang lain ?? masih berkutat dengan rasa sakit yang tak bisa di kompromi. Saya seringkali heran dengan kondisi UGD yang penuh sesak bahkan hampir tiap hari. Apakah sakit sudah menjadi catatan alam berbilang angka ratusan hingga ribuan yang harus terpenuhi tiap hari ?. Bahkan jumlah Rumah Sakit yang berbilang angka yang sama-pun tak pernah cukup untuk menampung mereka. Jadi….kalau ini sebuah chaos, berarti ada yang salah. Lalu apa ?

Kalau dilihat, pertumbuhan infrastruktur kesehatan di Indonesia luar biasa pesatnya. Rumah sakit muncul dimana-mana (satu kabupaten mungkin punya 4 rumah sakit besar), dan di kota-kota besar mungkin lebih. Puskesmas yang berada di tingkat kecamatan-pun juga semakin tumbuh, tidak hanya untuk berobat jalan, tapi juga sudah banyak yang membangun fasilitas rawat inap. Tak ketinggalan label Internasional menjadi kebanggaan beberapa layanan kesehatan di Indonesia. Profil bangunan yang wah, dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya yang berpengalaman, dan sarana yang berteknologi tinggi membuat Rumah Sakit dan Puskesmas ini menjadi rujukan bila masyarakat sakit(jangan dulu membahas biaya , akan lebih panjang lagi keluhannya ^__^)

Sebenarnya, kalau dilihat dari fungsinya, Rumah Sakit adalah tempat rujukan, artinya jika di tempat pelayanan utama sudah tak bisa ditangani, barulah seorang pasien masuk ke dalam sistem perawatan di Rumah Sakit. Sedangkan yang terjadi di Indonesia ?? sakit sedikit larinya langsung ke Rumah Sakit, nggak heran kalau kadang lorong RS penuh dengan pasien yang tidak bisa ditampung. Nah…seandainya (bisa dung berandai-andai disini) Puskesmas sebagai garis pertahanan pertama penanggulangan masalah kesehatan di masyarakatbis berperan dengan optimal dan sesuai fungsinya, maka kejadian seperti ini ..hhmmm…..bisa dikurangi ^__^

Puskesmas sebagai Pusat Kesehatan Masyarakat (bukan pusat pengobatan pusing, keseleo dan masuk angin hehehe) sebenarnya menjadi media untuk mengoptimalkan pelayanannya khususnya dalam lingkup kegiatan promotif (promosi peningkatan mutu kesehatan), preventif (pencegahan) sehingga angka kejadian sakit di masyarakat bisa ditekan. Kenyataannya sekarang malah Puskesmas berlomba-lomba nggak sadar mengambil peran kuratif (mengobati) yang sebenarnya menjadi fungsi Rumah Sakit. Jadi….sepertinya sekarang ini keadaannya adanya sarana kesehatan adalah untuk mengobati banyak yang sakit, bukan untuk mencegah kejadian sakit. Padahl, bukankah motto lebih baik mencegah daripada mengobati sungguh motto yang sangat bagus ?????.

Dosen saya menyinggung, bahwa sistem kesehatan masyarakat kita masih banyak yang harus dibenahi, kalau mungkin bolehlah kita berguru pada Thailand (harus berguru deh kayaknya). Disana masing-masing masayarakat sudah terberdayakan. Artinya mereka juga memegang peranan dalam peningkatan derajat kesehatan, jadi sudah tidak lagi bergantung pada tenaga kesehatan kalau sakit, tapi sebisa mungkin mengupayakan untuk tidak sakit dengan hidup sehat. Hal ini bisa terjadi karena peran promotif dan preventif telah dapat terlaksana dengan baik.

Jadiii… mari kita mulai dengan perubahan mindset sendiri dulu ; lebih baik mencegah daripada mengobati. Mari mulai hidup sehat, jangan biarkan sakit menjadi kondisi normal yang terus mengunjungi kita tanpa ada tindakan pencegahan. Memang kondisi sakit tidak bisa ditebak dan ditolak, tapi…alangkah baiknya mengupayakan tindakan pencegahan sehingga kondisi lebih parah bisa dihindari🙂

Sehatkan Masyarakat Dimulai Dari Diri Kita dan Keluarga😀

nb :
diakhir catatan ini, ijinkan saya mengajukan pertanyaan kecil , mengapa Rumah Sakit ?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s