Belajar dan Menyelam

Saya bergelut disini, dengan berbagai macam istilah dimasukkan dalam gudang memori, entah dia muat atau tidak…tapi apa boleh buat (sudah resiko🙂 ).

Sudah hampir setahun saya kuliah lagi, setelah hampir 2 tahun saya off dari dunia belajar formal. Menjalani segala macam rutinitas kuliah yang padat dan tugas yang tak kalah banyaknya. Terkadang memang membosankan, bahkan pernah timbul rasa menyesal karena memutuskan kuliah lagi sementara di luar sana banyak teman-teman sebaya sudah sibuk dengan kehidupan pribadinya yang berkisar antara anak-anak, bayi lucu, suami, pekerjaan baik kantor maupun rumah tangga mereka. Dan sekali lagi, saya tak boleh iri >_<'

Tapi saya juga makin menyadari, bahwa saya makin dewasa mengolah alur pikir dan belajar saya (yah…dengan terpaksa saya mengakui, bahwa waktu kuliah S1 dulu saya sangat tidak bijak dalam belajar:) ). Puzzle teori yang dulu saya dapatkan dan belum terangkai dengan baik (bahkan walau saya sudah lulus kuliah), sekarang mulai terbangun rapi. Beberapa pertanyaan yang muncul dengan sangat terlambat karena harusnya muncul waktu kuliah S1 , kini berlompatan dan saling berlomba memaksa mendapatkan jawabannya. Kalau diibaratkan saya kini menjadi bayi lagi, tapi bayi yang dewasa dan punya konsep alias bayi keren huehehe.

Seperti sekarang, saya heran betapa sabarnya saya mengikuti kelas demi kelas ujian proposal, mendapatkan jawaban yang mungkin lewat saat pertemuan kuliah dengan dosen. Saya juga heran betapa sabarnya saya bertahan minimal 1 jam menghabiskan waktu dengan buku referensi yang tebalnya minta ampun (kalau itu novel sih gak pernah masalah buat saya :p ). Sebuah keajaiban ^_^d.

Semakin lama saya makin menyadari bahwa semakin banyak kita belajar, kita menjadi semakin tahu bahwa kita ……. sebenarnya tidak tahu apa-apa. Dalam belajar, kita seperti menyelam, semakin dalam akan semakin terkuak rahasia, sebuah pemandangan yang tak pernah kita lihat ketika kita masih berada di permukaan.

Mari menyelam, tapi jangan tenggelam🙂

Leave a Reply

